Bantuan

Pendidikan Calon Pegawai Asisten Manajer (PCPM) merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.
Rekrutmen PCPM Angkatan 40 Bank Indonesia menggunakan 2 (dua) metode yaitu :
  • Open Recruitment
  • Targeted Recruitment
  • Open Recruitment
    Open Recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.
  • Targeted Recruitment
    Targeted Recruitment merupakan salah satu jalur penerimaan PCPM Bank Indonesia yang dilakukan secara targeted bekerja sama dengan beberapa pihak, yang terbagi atas 3 metode, yakni:
    • Campus Hiring dalam negeri, yang dilakukan kerja sama dengan 17 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk ke dalam klaster Utama berdasarkan pengelompokan dari Ditjen Diktiristek, terbaik menurut Webometric dan QS, serta telah bekerja sama dengan Bank Indonesia;
    • Campus Hiring luar negeri, yang dilakukan untuk merekrut lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang termasuk ke dalam peringkat Top 30 berdasarkan QS World Universities Ranking atau subject; dan
    • Referral, yang dilakukan bekerja sama dengan Lembaga Penyedia Beasiswa LPDP.
  • Matematika, Aktuaria
  • Statistika
  • Teknik Industri
  • Prodi Teknik Lainnya (Sipil, Arsitektur, Kimia, Lingkungan, Mesin, Elektro, Fisika)
  • Teknik Informatika
  • Ilmu Komputer
  • Sistem Informasi
  • Teknologi Informasi
  • Ilmu Ekonomi
  • Studi Pembangunan
  • Ilmu Ekonomi Syariah
  • Agribisnis
  • Sosial Ekonomi
  • Manajemen
  • Bisnis
  • Akuntansi
  • Keuangan
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Komunikasi
  • Hubungan Internasional
  • Psikologi
  • Ilmu Administrasi
Informasi mengenai jurusan/program studi dan persyaratan lainnya dapat dilihat pada poster yang terdapat di media cetak (harian Kompas), media sosial Bank Indonesia, website Bank Indonesia, dan website recruitment https://www.pcpm40rekrutmenbi.id/.
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 40 Bank Indonesia.
Periode pelaksanaan online application dilakukan mulai tanggal 7 September 2025 (Pukul 00.00 WIB) sampai dengan tanggal 12 September 2025 (Pukul 23.59 WIB).
  1. Sediakan waktu sekitar 30 - 45 menit untuk melakukan pengisian data.
  2. Bacalah seluruh ketentuan/informasi yang terdapat pada situs-web.
  3. Siapkan softcopy foto dan berkas administrasi yang dipersyaratkan.
  4. Pastikan Anda telah menggunakan komputer dengan koneksi internet yang stabil.
  1. Processor Core i3 atau setara
  2. RAM 4GB
  3. HDD 500GB
  4. OS Windows 11 atau MacOS Sequoia 15
  5. Koneksi internet dengan kecepatan akses download 384kbps ke atas (untuk menunjang kestabilan koneksi Anda).
  6. Dilengkapi perangkat web cam, audio, microphone dan mouse.
  7. Tidak menggunakan mobile phone atau tablet.
Untuk tampilan situs web yang optimal, disarankan menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru:
  1. Google Chrome minimal versi 130 yang dapat menerima cookie.
  2. Mozilla Firefox minimal versi 132 yang dapat menerima cookie.
  3. Microsoft Edge minimal versi 130 yang dapat menerima cookie.
Ya, Anda dapat menggunakan perangkat tersebut selama terhubung dengan koneksi Internet yang stabil. Namun demikian, kami lebih menyarankan Anda menggunakan komputer atau laptop agar dapat memperoleh tampilan situs-web yang optimal serta memudahkan pengisian data pada Formulir Pendaftaran.
Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah lengkap dan sesuai dengan yang telah Anda input pada formulir pendaftaran. Jika Anda lupa password yang digunakan, silahkan klik Lupa Password.
  • Silakan Anda melakukan registrasi pada menu "Login" dengan mengisi data-data yang dibutuhkan atau Anda dapat menggunakan tombol login dengan menggunakan akun google untuk mempermudah.
  • Jika Anda login dengan menggunakan akun google, maka Anda akan terdaftar dengan menggunakan akun google yang terhubung dengan browser Anda.
  • Jika Anda masuk dengan menggunakan tombol register, Email aktivasi akun akan dikirimkan ke alamat email Anda setelah registrasi (maksimal 24 jam setelah Anda register, silakan cek di folder INBOX/SPAM/JUNK), silakan klik tautan yang ada di email untuk melakukan aktivasi.
  • Login ke website dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang tertera pada Email aktivasi.
  • Isi seluruh data yang diminta secara lengkap dan unggah dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan sebelum mengirimkan lamaran.
  • Setelah melengkapi data silakan klik Status Aplikasi di bagian kiri atas.
Dokumen yang disampaikan pada saat pengisian aplikasi online adalah:
  • Scan identitas diri (KTP) - mandatory
  • Scan ijazah - mandatory
  • Scan transkrip nilai - mandatory
  • Scan SK Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Surat Hasil Konversi IPK dari Ditjen Diktiristek (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri) - mandatory. Apabila masih dalam proses, maka kandidat menyampaikan bukti masih dalam pemrosesan (antara lain screen capture email dari Ditjen Diktiristek), dan wajib menyampaikan sebelum mengikuti Tahap Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri;
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) – mandatory dan harus disampaikan paling lambat sebelum pelaksanaan Tes Psikologi;
  • Scan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).
  • Ketentuan foto profil/pasfoto:
    • Posisi badan dan wajah lurus ke kamera.
    • Ukuran foto sampai bagian dada.
  • Ketentuan foto setengah badan:
    • Posisi badan sedikit miring ke kanan dengan wajah lurus ke kamera.
    • Ukuran foto sampai bagian ikat pinggang, bagian kiri dan kanan full terlihat pundak/tangan.
  • Ketentuan foto seluruh badan:
    • Posisi badan tegak dan wajah lurus ke kamera.
  • Ketentuan umum:
    1. Pria: kemeja rapih, warna bebas (tidak diperkenankan warna putih dan batik).
    2. Wanita: kemeja dan hijab (bagi yang berhijab) rapih, warna bebas (tidak diperkenankan menggunakan warna putih dan batik).
    3. Bagian wajah harus terlihat jelas, proporsional, tanpa bagian utama (dahi, mata, hidung, mulut, dagu) tertutup.
      • Tidak diperbolehkan menutup wajah: antara lain rambut atau tangan menutupi wajah, menggunakan penutup kepala (kecuali hijab bagi wanita), kaca mata gelap/hitam, masker, kain, filter atau AI, dan make-up berlebihan.
      • Diperbolehkan: Jilbab, kerudung, atau penutup kepala keagamaan, selama wajah (dari dahi sampai dagu dan tepi pipi) terlihat jelas; kaca mata bening (tanpa pantulan); serta make-up natural.
    4. Background polos warna putih.
    5. Resolusi foto tidak pecah.
Apabila Ijazah/Transkrip Nilai asli Anda ditahan oleh tempat Anda bekerja saat ini karena adanya ikatan dinas/ikatan kerja, maka anda tetap dapat mengisi lamaran dan mengikuti proses seleksi sepanjang memenuhi persyaratan dan lolos dalam tiap tahapan seleksi. Apabila Anda selanjutnya dinyatakan lulus seleksi tahap akhir maka Anda wajib menyampaikan ijazah asli yang dimiliki.
Tidak, Anda hanya dapat mengganti dengan Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir).
Anda tetap dapat melakukan registasi/melamar dalam program rekrutmen ini dengan melampirkan ijazah dan transkrip nilai asli yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi LN yang anda miliki. Namun, scan SK penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek tetap wajib Anda sampaikan sebelum tahap Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri.
  • Anda tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pedidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara Anda dapat menyampaikan Surat Keterangan Lulus / SKL (sebagai pengganti ijazah) dan Transkrip Nilai Sementra (bukan Kartu Hasil Studi) sebagai pengganti Transkrip Nilai yang sudah mencantumkan jumlah SKS dan seluruh nilai yang diperoleh yang telah disahkan oleh perguruan tinggi (Legalisir).
  • Anda wajib menyampaikan dan menunjukkan bukti ijazah asli dan transkrip nilai resmi, selambat-lambatnya pada Tahap Tes Psikologi.
  • Selanjutnya, apabila peserta lolos hingga seleksi tahap akhir, maka Anda wajib menyampaikan dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.
Jika Anda mengalami kesulitan saat mengunggah file PDF, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan dokumen PDF dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.
    • Klik kanan file PDF > pilih Open with > Microsoft Word.
  2. Jika file tidak bisa dibuka di Microsoft Word, kemungkinan file tidak sesuai standar. Silakan ulangi proses pemindaian (scan) dokumen.
  3. Jika masih gagal, coba langkah berikut:
    • Scan ulang dokumen dalam format gambar (seperti .jpg atau .png).
    • Buka Microsoft Word, lalu masukkan gambar hasil scan ke dalam dokumen Word.
    • Simpan dokumen tersebut sebagai file PDF melalui fitur Save As > PDF.
  4. Setelah selesai, unggah kembali file PDF tersebut ke sistem.
Anda dapat melihat status lamaran Anda pada halaman status aplikasi. Pastikan status Anda sudah berubah menjadi "Anda telah melamar sebagai Peserta Seleksi Rekrutmen PCPM Angkatan 40"
Tidak. Mohon diperiksa kembali seluruh data-data Anda sebelum Anda mengirimkan lamaran.
Tidak perlu mengirimkan berkas secara fisik saat pendaftaran secara online. Anda cukup mengunggah dokumen sesuai yang dipersyaratkan.
Pada setiap tahapan seleksi diberlakukan sistem gugur. Hanya kandidat yang dinyatakan memenuhi kualifikasi yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Tes Potensi Dasar;
  3. Tes Pengetahuan Teknis;
  4. Tes Psikologi;
  5. Tes Kesehatan dan Psikiatri;
  6. Wawancara Pra Tahap Akhir;
  7. Seleksi Tahap Akhir;
Seluruh Proses Rekrutmen PCPM Bank Indonesia ini tidak dipungut biaya apapun. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia dan EXPERD Consultant. Apabila terdapat pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam proses seleksi ini, harap Anda melaporkan kepada Call Center.
Perhatikan status aplikasi Anda pada situs-web yang memuat informasi mengenai jadwal dan media pengumuman hasil seleksi. Sebagai pengingat, khusus bagi peserta yang dinyatakan lulus dan diundang ke tahapan berikutnya, juga akan dikirimkan email secara massal sebelum dan/atau selama periode pengumuman ditayangkan.
Anda masih dapat melanjutkan pengisian aplikasi pendaftaran online selama belum klik tombol APPLY & SETUJU.
Sistem akan menyimpan hasil kerja Anda sampai yang terakhir anda kerjakan, jika Anda telah menekan tombol “Submit”. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan jaringan maka Anda dapat mengulang kembali proses pengerjaan tes online mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada. Pada saat listrik padam atau gangguan jaringan, waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai di awal pengerjaan. Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeure dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat tes online tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespons / tidak merespons, melayani / tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia Seleksi.
Anda dapat klik tombol lupa password di halaman login. Kemudian reset password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan.
Anda tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama Anda memenuhi persyaratan administrasi. Namun, apabila dinyatakan lulus seleksi, Anda hanya dapat bekerja di BI selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di BI dengan kriteria sebagai berikut:
  • Saudara (kandung / tiri / angkat) yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik)
  • Suami / Istri yang masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan di Bank Indonesia (organik / non organik); atau
  • Orang tua (kandung / tiri / angkat) dan mertua yang kedua-duanya masih bekerja sebagai pegawai ataupun pihak yang dipekerjakan Bank Indonesia (organik / non organik). Peserta hanya diperkenankan memiliki salah satu hubungan keluarga dengan orang tua atau mertua saja.
Peserta dimungkinkan untuk mengikuti kedua jalur secara bersamaan. Namun, apabila telah dinyatakan lolos administrasi pada salah satu jalur, maka proses seleksi di jalur lain tidak dilanjutkan. Dalam hal ini, jika peserta targeted recruitment dinyatakan lolos seleksi administrasi pada kedua jalur, maka kandidat akan tetap dicatat sebagai peserta targeted recruitment.
Tidak ada perbedaan perlakuan setelah dinyatakan lolos seleksi. Peserta dari jalur targeted maupun open recruitment akan menjalani masa pendidikan (program on boarding) bersama-sama sebagai peserta PCPM.
Berdoa, istirahat yang cukup, dan makan pagi sebelum mengikuti proses seleksi. Informasi lainnya terkait persiapan menghadapi tahapan tes akan disampaikan pada saat pengumuman untuk setiap tahapannya.
Penulisan angka IPK bagi lulusan Perguruan tunggi Luar Negeri tetap dilakukan dengan menggunakan format IPK Indonesia (maksimal 4,00). dengan mengacu kepada surat hasil konversi IPK dari Kemendikbudristek.
Tidak. Semua biaya transportasi dan akomodasi dalam rangka menghadiri tes merupakan tanggungan pribadi peserta.
Silakan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada halaman Hubungi Kami.
Pelaksanaan seleksi Tes Psikiatri dan Tes Kesehatan akan dilakukan pada 12 (dua belas) kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Denpasar, Banjarmasin, Manado, Makassar, dan Jayapura. Peserta harus memilih salah satu kota dari 12 (dua belas) kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan Tes Psikiatri dan Tes Kesehatan. Segala bentuk biaya transportasi dan akomodasi yang timbul dari pemilihan lokasi Tes Psikiatri dan Tes Kesehatan akan menjadi tanggung jawab peserta.
Anda tidak diperkenankan pindah kota lokasi tes apabila sudah memilih kota pada tahap pendaftaran atau pengisian online application.
Pelaksanaan seleksi Wawancara Pra Tahap Akhir dilaksanakan di Jakarta. Semua biaya transportasi dan akomodasi dalam rangka menghadiri tes merupakan tanggungan pribadi peserta.
  • Komputer/laptop minimal prosesor core i3 atau setara dan memiliki webcam
  • Memiliki Ram 4GB
  • Memiliki HDD 500 GB
  • Mouse & keyboard yang berfungsi dengan baik.
  • Browser Google Chrome, Mozila Firefox, atau Microsoft Edge versi terbaru. Tidak disarankan menggunakan selain ketiga browser tersebut.
  • Koneksi internet yang stabil (sangat disarankan dengan kecepatan akses download 384kbps ke atas). Cek melalui https://www.speedtest.net/id
  • Pastikan kamera Anda aktif dan tidak tertutup
  • Tidak menggunakan mobile phone atau tablet
  • Hasil setiap tahapan selesai akan diumumkan melalui email (noreply@pcpm40rekrutmenbi.id) pada akun yang didaftarkan dan menu "Status Aplikasi" pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen ini
  • Anda dapat melakukan pengecekan inbox pada email Anda. Apabila tidak terdapat email pemberitahuan pada inbox, silakan melakukan pengecekan pada spam atau all email. Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted cancidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya.
Pelaksanaan seleksi Tahap Akhir dilaksanakan di Jakarta. Bank Indonesia menyediakan akomodasi penginapan dengan periode dan tempat yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Biaya transportasi dan biaya lainnya dalam menghadiri tes merupakan tanggungan pribadi peserta.
Anda diharapkan untuk teliti dan fokus dalam melakukan pengisian data pada formulir ataupun menyampaikan dokumen di web rekrutmen PCPM Angkatan 40. Segala bentuk informasi yang telah disampaikan peserta tidak dapat diubah, dan Panitia Seleksi PCPM Angkatan 40 tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kelalaian peserta dalam pengisian data/informasi yang berimplikasi terhadap keikutsertaan peserta dalam seleksi PCPM Angkatan 40.
Seluruh dokumen disampaikan melalui online application dalam bentuk softfile. Dokumen asli (hardfile) wajib ditunjukkan pada sesi verifikasi dokumen hardfile; serta disampaikan pada saat proses pemberkasan untuk keperluan verifikasi, bagi peserta yang telah dinyatakan lolos tahap seleksi akhir.
Jika peserta memilih opsi Tidak, maka tidak dapat melanjutkan pengisian data dan tidak dapat melanjutkan proses lamaran.
Perangkat pada saat tes trial dan tes online sebaiknya sama. Jika perangkat yang digunakan pada saat tes trial sudah benar dan tidak mengalami kendala, maka tidak menggunakan perangkat lainnya. Jika pada saat pelaksanaan tes trial menglamai kendala perangkat, silakan coba mengganti dengan perangkat lainnya.
Selama pengisian aplikasi lamaran online, contact center dibuka selama 24 jam. Untuk tahapan berikutnya, layanan contact center dibuka pada jam kerja. Khusus selama pelaksanaan tes online terdapat media layanan lain yang diberikan yakni media chat (WhatsApp dan Telegram)